3P – 4M

Halo-halo man teman Kopma UGM, pastinya gak asing lagi kan dengan istilah 3P? Yup 3P adalah representasi dari ketiga peran kita di sebuah koperasi dan tetntunya di Kopma. Oke berikut akan saya jlentrehkan ketiga peran tersebut, dan pastinya akan sangat mudah diingat :iloveindonesias


Baik “P” Pertama adalah PEMILIK. Perlu teman-teman ketahui bahwa memerankan peran ini sangatlah mudah. Banyak yang bisa kita lakukan dengan peran ini (lho? maksudnya?), maksudnya adalah kita bisa dengan sangat mudah melakukan peran ini. Memerankan peran ini bisa dengan membayar simpanan wajib tiap bulan, yang besarnya hanya Rp 3.500,- tiap bulan. Tentu teman-teman sangat mudah dan ringan untuk membayar simpanan yang harganya sama dengan sebotol freshtea, atau sepiring nasi+sayur+tempe goreng :hammers. Selain membayar simpanan wajib tiap bulan, teman-teman juga boleh datang ke forum-forum anggota. Seperti LAPTRI (Laporan Triwulan) yang dilaksanakan tiga bulan sekali dan RAT (Rapat Anggota Tahunan) yang dilaksanakan satu tahun sekali. Datang ke forum tersebut sangatlah menyengkan teman-teman, bayangkan ketika kita datang ke sana..kita akan dapat snack dan minum gratis dan bahkan dapat makan juga :matabelo:. Bagaimana Mudah bukan menjalankan “P” Pertama?


“P” pertama sudah, sekarang “P” kedua. Peran “P” kdua adalah PELANGGAN. Menjalankan “P” kedua lebih mudah lagi, dengan berbelanja di keempat divisi usaha kita, berarti kita sudah melaksanakan peran pelanggan. Yup, teman-teman juga pastinya sudah tahu bahwa di sini maksudnya bukan berbelanja sebulan sekali seperti membayar simpanan wajib :capedes. Kalau cuma berbelanja sebulan sekali mah itu kayak formalitas aja belanjanya :hammers. Berbelanjalah setiap kali teman-teman membutuhkan suatu barang atau jasa, misalkan ketika pulsa habis..maka belilah di wartel, atau kalau berbelanja kebutuhan kos..belilah di swalayan. Sekarang bagaimana? Mudah kan?

Akhirnya sampai pada “P” terakhir, yakni peran PARTISIPAN AKTIF. Seperti hal-nya peran pemilik dan pelanggan, peran ini pun sangat mudah dilakukan. Inilah peran favorit anggota Kopma. Peran ini sangat luas cakupannya, mulai dari ikut kepanitiaan, ikut tim kerja, ikutan asbid, sampai ikutan parttimer. Wah…sangat mudah bangetlah kalau memerankan peran ini, teman-teman tidak bisa diragukan lagi perannya dalam “P”  ketiga ini :matabelo:

Nah..itulah tadi ketiga peran kita di Kopma, semoga teman-teman bisa semakin mantab memerankan 3P-nya, apalagi disertai 4M? :ngakaks. Mau tahu 4M apaan?? Kasih komen dan di-like dulu dong pren.. :shakehand

2 thoughts on “3P – 4M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s