Grub-ku Asyik

tampilan grub

Halo apa kabar? Oke langsung tonjok point saja. Kali ini saya akan share pengalaman teman saya, sebut saja Irfan, dalam mengotak-atik tampilan Grub di laptopnya. Distro yang dipakainya adalah LinuxMint 9. Caranya adalah dengan mengganti file gambar yang di-load oleh grub.cfg. Oke begini caranya:

1. Masuk nautilus sebagai root.. (udah tau kan caranya? jadi ga saya tulis caranya :Yb)

2. Masuk direktori /boot/grub dan cari file grub.cfg

3. Ganti skrip ini

### BEGIN /etc/grub.d/06_mint_theme ###
insmod ext2
set root='(hd0,5)'
search --no-floppy --fs-uuid --set f22a8054-b771-4cd3-851a-e3eab380cb85
insmod png
if background_image /boot/grub/gambarmu.png ; then #ganti gambarmu.png dgn gambarmu sendiri
  set color_normal=white/black
  set color_highlight=white/light-gray
else
  set menu_color_normal=white/black
  set menu_color_highlight=white/light-gray
fi
### END /etc/grub.d/06_mint_theme ###

ganti file gambarmu.png sesuai dengan gambar yang kamu inginkan.. Oke? (pake file *.png lho..)

4. Setelah diganti, lalu copy file gambarmu tadi ke direktori /boot/boot/grub dan ke /boot/grub

5. Restart PC kamu dan… Tara.. this is it, tampilan grub ala Irfan

Sip… mudah bukan untuk mengganti tampilan grub

6 thoughts on “Grub-ku Asyik

  1. manda : klo mw ngerti linux y harus pke linux. banyak orang yg bilang pengen belajar linux tp gmn mw belajar klo dianya sendiri belum nginstal linux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s