Jalan-jalan Aman ala la la la

Setelah sekian lama tak menginjakkan kaki di tempat lain, blog saya ini semakin kurang artikel tentang jalan-jalan. Nah, untuk mengatasi hal itu saya akan berbagai kisah tentang keamanan di jalan versi saya. Banyak orang yang ‘termakan’ tipu daya para penjahat, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ada orang yang kehilangan handphone di jalan, dompet, laptop, dan bahkan semua tas-nya hilang. Sungguh tragis jika semua itu terjadi, bayangkan, kita kan jalan-jalan untuk ber-happy gila tapi ternyata ada kejadian yang sangat tidak mengnakkan seperti itu terjadi. Wah..

Ada beberapa cara bagi saya untuk mengamankan barang bawaan.

  1. Saya biasa membawa tas kecil yang saya gunakan sebagai wadah handphone, dompet, MP3, dan pernak-pernik kecil yang rawan. Kemudian tas itu saya masukkan dalam baju/jaket. Walaupun keliatan nyembul dari balik baju/jaket, tapi cukup aman dari sergapan para pencoleng.
  2. Tuas (anggap aja tuas) resleting tas punggung tidak pernah saya jejerkan di bagian atas. Banyak orang yang menutup tas punggung mereka dengan menjejerkan tuas resletingnya. Ketika menjejerkan begitu memang membuat tas kita lebih mudah dibuka oleh kita. Namun ingat, ketika kita gampang membuka berarti orang lain pun juga bisa gampang membuka kan? Nah lho…
  3. Menutup tas dengan raincover. Walaupun tidak hujan, tidak ada salahnya kita menutup tas kita dengan raincover ketika bepergian dengan transportasi umum. Selain mencegah tas menjadi kotor, raincover juga membuat tas kita tertutup rapat. Dan lokasi-lokasi tuas resleting tidak diketahui dari luar, jadi orang lain tidak gampang menemukan lokasi tuas tersebut.
  4. Selalu jaga barang bawaan agar berada dalam jangkauan tangan kita, jika ingin kita tinggal sebentar titipkanlah kepada orang-orang terpercaya (teman, polisi, satpam, dll..)

Nah itu dia yang biasa saya lakukan ketika bepergian. Tindakan di atas tidak menjamin barang anda aman 100%, semua masih tetap bergantung kehendak Yang Maha Kuasa. Tetap berhati-hati di jalan, dan waspadalah! waspadalah!

Salam

2 thoughts on “Jalan-jalan Aman ala la la la

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s