Berkeliling Indonesia dalam Dua Jam!!

Hore kembali bisa menyapa sahabat mynguan. Tadi saya baru saja berkeliling Indonesia bareng Dwika dan Mas Wisnu. Ya! Tadi saya habis menghadiri (cie menghadiri) acara yang diselenggarakan oleh teman-teman PSM Cantus Firmus Univ. Sanata Dharma. Dalam acara tersebut dipentaskan 5 tarian dan beberapa lagu daerah mulai dari barat sampai timur Indonesia yang dibawakan oleh PSM Cantus Firmus. Kali ini saya akan memberikan apresiasi terhadap tari-tarian yang tadi saya saksikan. Namun apresiasi yang saya berikan bukan apresiasi seorang yang ahli dalam kesenian, hehehe. Oke cekidot aja dah!

1. Tari Likurai (Kab. Belu, NTT)

Tari LIkurai

Merupakan tarian yang dibawakan oleh mbak-mbak/ibu-ibu untuk menyambut tamu-tamu terhormat dan pahlawan yang pulang dari perang. Berarti saya tadi termasuk tamu terhormat dong, hehehe. Apresiasi saya untuk tarian ini adalah tarian ini bernuansakan religi. Dari filosofinya aja untuk menyambut pahlawan yang pulang, mungkin isi tariannya memang berisi syukur bahwa pahlawannya pulang. Barangkali mahasiswi-mahasiswi bisa juga tuh menari untuk menyambut mahasiswa-mahasiswa yang pulang demo #ups.

2. Tari Jaipong (Jawa Barat)

Tari Jaipong

Ketika melihat tarian ini tadi saya bisa menggambarkan tarian ini dalam beberapa kata: enerjik, lincah, semangat, humor (efek lagunya), dan seksi. Nah setelah melihat beberapa link dari simbah gugel saya dapati bahwa ternyata dahulunya tarian ini merupakan tarian pergaulan. Pantas saja sangat menggoda. Kalau di barat sana kita kenal sebagai dansa, jadi jaipongan ini merupakan dansa Jawa Barat.

3. Tari Dayak (ga tau namanya, dari Kalimantan)

Tari Enggang

Nah ini dia tari yang tadi sangat memukau saya, kesan tarian ini adalah powerful saat dibawakan mas-mas Borneo. Selain ditarikan oleh dua orang pemuda, tarian ini juga ditarikan oleh empat orang pemudi. Pas mbak-mbaknya nari nih suasananya berubah dari yang powerful menjadi lenggak-lenggok mirip gerak gerik burung. Setelah saya tanya simbah (lagi) ternyata tari dari Suku Dayak yang menggambarkan gerak-gerik burung, adalah Tari Enggang. Pokoknya kalau teman-teman langsung melihat pasti wah banget!

4. Tari Nundudake (Manggarai, NTT)

Tari Nundudake

Tarian ini menggambarkan dua orang yang sabet-sabetan. Saya ga tau ini maksudnya apa, lha wong nama tarinya aja simbah ga tau. Pokoknya tari ini bernuansakan keperkasaan pria, tadi itu sabet2annya beneran lho! Selain dua orang sabet-sabetan, ada juga 4 orang mbak-mbak menari. Dari MC-nya sih tadi bilang ini tari melambangkan keperkasaan, tapi kok si mbak-mbaknya berkesan tidak perkasan ya? entahlah…

5. Tari Bali

Tari Bali

Lagi-lagi saya ga nyemak waktu MC membacakan judul tarinya, yang saya ingat tarian ini dibawakan oleh komunitas Sekarjepun. Saya tadi ga bisa menangkap suasana tarian yang dibawakan. Si penari membawa sebuah wadah berisikan bunga-bunga, hanya itu yang unik. Kalu gerakan sama seperti tarian Bali yang lain yang melentikkan jari tangan dan memojok-mojokkan item-item mata.

Yes! Akhirnya kesampaian juga saya berkeliling Indonesia dengan biaya yang sangat kecil dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Setelah melihat pertunjukkan ini saya semakin sadar akan keanekaragaman budaya kita, mulai dari Sabang sampai Merauke mempunyai khas masing-masing. Itulah yang membuat kita kuat teman. Dan bagi saya itulah yang membuat saya semakin cinta dengan negeri ini.

Tidak ada negara lain yang bisa mengalahkan luasnya laut Indonesia.

Tidak ada negara lain yang bisa mengalahkan keanekaragaman Indonesia.

Dan, Tidak ada negara lain dan orang lain yang bisa memecah-belah negara Indonesia.

#maap gambarnya ga on the spot, ga bawa kamera euy :p

 

Salam Bhineka Tunggal Ika,

Rahmanu

 

2 thoughts on “Berkeliling Indonesia dalam Dua Jam!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s