Ketika TA Tidak Bisa Titip Absen

Sekarang sudah semester tujuh, berarti semester depan saatnya ambil Tugas Akhir (TA) alias skripsi. Tidak terasa 7 semester sudah saya lalui di UGM ini, rasanya baru kemarin ospek tau-tau sudah di ujung saja. Pas kuliah Bahasa Indonesia beberapa minggu lalu bu dosen memberikan tips untuk memilih dan menulis skripsi. Sekarang saya bagi nih tips dari bu dosen untuk temen-teman semua. Ada tiga, Cekidot!

1. Idealis

Penting menjadi seorang yang idealis dalam memilih tema skripsi. Pilihlah tema skripsi yang didimu banget, sesuai dengan minat kita ketika kuliah. Akan lebih baik kalau tema itu ada sangkut pautnya dengan hobi kita, misalkan main musik, olah musik, fotografi, atau bahkan foto model :hammer:. Hal ini akan membuat kita bertahan selama kurang lebih 5 bulan dalam mengerjakan tugas dewa itu. Idelis itu akan membuat kita bertahan dari serangan kebosanan, kemunafikan, kebingungan, dan kemanjaan.

2. Realistis

Setelah kita berhasil untuk idealis, kita juga harus realistis dong. Jangan sampai nanti skripsi yang kita buat malah pengerjaannya 10 bulan, boros kan? Nah saatnya menyesuaikan tingkat idealis dengan kapasitas kita. Kita bisa menurunkan tingkat kesulitannya atau kita meng-upgrade diri agar kedudukan kapasitas kita sama dengan idealis kita. Hal ini ada kaitannya dengan tanggung jawab dan kapasitas diri.

3. Inovatif

Selanjutnya adalan inovatif. Inovatif bukan berarti harus menciptakan hal yang baru, inovatif bisa dilakukan dengan memodifikasi yang sudah ada. Bisa memodifkasi skripsi kakak tingkat, atau bahkan skripsi teman kita. Yang terpenting adalah jangan menjiplak kayak bikin laporan praktikum, hehehe. Inovatif yang dilakukan juga jangan terlalu ekstrim, agar nantinya kalau kita melanjutkan studi S2, skripsi kita bisa kita lanjutkan juga. Karena kata bu dosen (juga), bahwa didikan UGM itu minimal S2, jadi jangan habiskan pikiran hanya untuk S1. Maksudnya ya tadi, bobot skirpsi ga usah sama dengan tesis biar nanti skripsi kita bisa kita lanjutin jadi tesis.

Mari yuk, kita sama-sama menerapkan tips ini. Soalnya saya juga lagi menerapkan nih, khususnya sedang meningkatkan kapasitas diri agar mampu menjalankan tanggung jawab skripsi. hehehe. Terima kasih untuk bu Agustin, yang sering memberikan tips dalam penulisan baik artikel maupun skripsi.

Salam,

Rahmanu

 

2 thoughts on “Ketika TA Tidak Bisa Titip Absen

  1. hahahaha, galau skripsi ya bang? hari gini mikir skripsi? udah deh, tinggalin aja, gag usah digagas skripsi tu, emg siapa dia? 😛 *yang comment lagi gila karena mikirin skripsi nih*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s