Makna Sebuah Nama

name

Halo (lagi), tadi pagi kita udah ngomongin soal seleksi alam. Nah malam ini kita ngomongin soal nama nih. Sebuah nama mencerminkan sesuatu, betul? Baik nama orang mencerminkan daerah asalnya, nama laundri, warnet, dan nama yang lain. Ga usah ba bi bu be bo lagi, yuk markibas mari kita bahas.

1. Nama orang selalu mencerminkan daerah asalnya.

Bicara tentang nama orang, di Indonesia kita ini buanyak nama-nama yang beredar, bahkan sering ada istilah nama pasaran. Indonesia juga punya banyak suku bangsa, maklum Bhineka Tunggal Ika gitu loh! Nah nama orang perorang juga mencerminkan darimana asalnya. Sutrisno, Subagyo, pasti berasal dari Jawa Tengah/Jogja. Maman Sudarman, Lala Karmila, pasti dari Jawa Barat. Hutagalung, Tobing, pasti dari Batak. Wah beragam banget deh pokoknya.

2. Nama warnet biasanya belakangnya “-net”

Saya ga tau kenapa kok tiap warnet biasanya nama belakangnya “net”. Apakah itu sudah jadi trend, atau sudah ada undang-undangnya, atau emang biar seragam? Saya juarang buangat nemu warnet yang namanya ga ada “net”-nya. Contohnya nih, ada terminal.net (dekat terminal), buzz.net (sering penuh), antara.net (warnetnya kejepit), kor.net (hoax), kernet (hoax juga), assasi.net (ulti-nya kardel).

3. Nama laundri biasanya mencerminkan kesegaran/kewangian.

Nah kalo laundri nih biasanya namanya  kesannya seger. Pasti biar nanti usahanya seger terus kan ya? Dan biar mencerminkan kalau hasil laundrinya itu wangi semerbak kayak melati bengi-bengi (lho?). Contohnya, Simply Fresh (segarnya simpel), dan segar-segar yang lain. Tapi ada juga lho laundri yang ga mencerminkan kesegaran dan kewangian, malah plesetan aja. Contohnya, Star Wash (cuci bintang), New Found Laundry (laundri baru nemu), A Wash (awas lo!), Ku Wash (nyucinya pakai kuas).

4. Nama rumah makan Padang pasti mencatut nama keluarga.

Sebenarnya rumah makan Padang itu terbentuk dari sebuah rapat keluarga. Jadi ceritanya pada suatu lebaran seluruh anggota keluarga kumpul di rumah nenek. Terus mereka rapat untuk membuka usaha baru, yaitu usaha rumah makan.

“Ok anak2 ayo kita bikin rumah makan”

“Wah asik, nanti kita kasih nama apa?”

“Gampang, ntar kita kasih nama ibu saja, tapi kita modifikasi”

“Kenapa kok harus nama Ibu?”

“Biar aman aja, kalau kita kasih nama ‘Restu Bundo’ misalnya, nanti kalau ada kecoa masuk ke makanan tamu kita bilang aja, ‘Oh itu resep ibu kami, memang gitu. Kalau mau menyalahkan, ketemu saja samaibu kami. Kan ini rumah makan Restu Bundo'” -Mo Sidik-

Itulah cerita kenapa rumah makan Padang namanya biasanya ada nuansa keluarganya.

Semoga menghibur 🙂

2 thoughts on “Makna Sebuah Nama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s