Nyentrik

Berperilaku, bergaya eksentrik, aneh, tidak wajar (tt anak muda msl anak laki-laki memakai subang, atau memakai celana jin yg di bagian tumit dirobek, dng baju digulung ke atas sampai pendek sekali, dsb)

-KBBI-

Sesuatu yang nyentrik pasti akan diingat…

Sesuatu yang nyentrik biasanya aneh…

Sesuatu yang nyentrik biasanya melawan arus…

Nyentrik itu spesial…

dare to be different

 

Identifikasi nyentrik selalu mengarah kepada seniman. Sebut saja Sudjiwotedjo, seorang dhalang nyentrik dengan kelakar jancuk-nya. Atau Limbad, finalis The Master yang kebal diiris-iris dengan pisau atau ditusuk garpu bahkan dikubur hidup-hidup pun masih bisa tertawa. Mereka nyentrik!

Nyentrik bukan sekedar soal tampilan saja, tapi lebih. Tampilan yang nyentrik, berarti dia orang nyentrik yang cupu. Karena nyentrik bukan soal tampilan. Nyentrik adalah hal yang kompleks, complicated kalau kata Avriel. Meliputi perilaku, prinsip, pemahaman, kecerdasan, dan ‘ilmu kuping.’

Orang-orang di sana menyebut nyentrik dengan sebutan dare to be different. Orang yang berani berbeda, karena sama adalah terlalu mainstream. Nah, ini yang saya maksud nyentrik. Nyentrik itu intinya berani berbeda. Berbeda karena dia yakin dengan prinsip-prinsip yang dianutnya. Kalau orang banyak bilang “A”, dia gak segan bilang “B” dengan mantab. Bukan karena ngawur, tapi karena dia lebih yakin dengan prinsipnya. So? Mari kita tetap berpegang pada prinsip, jangan berpaling! Karena berpegang pada prinsip adalah modal hidup. Agar prinsip kita kaya, tetaplah belajar, belajar banyak hal sebelum nantinya kita memutuskan akan menekuni 1 hal…

Terakhir, selamat menjadi nyentrik… Nyentrik yang pantas!

Salam,

Rahmanu

11 thoughts on “Nyentrik

    1. yup! seperti itulah, tapi tempatmu kurang. Akan lebih baik kalo menjadi berbeda yang pantas, ingat beda tapi pantas ๐Ÿ˜€

  1. Aku jg sk di bilang nyentrik… hihihi… tp Aku Sndri gak ngerti nyentrik itu sebenernya yg seperti apa ? ternyata begitu toooh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s