ISPA

Halo kawan, mynguan strike back!

Lama sudah tidak mencurahkan unek-unek di sini. Untung saya mempunyai hak milik blog ini, kalo nggak pasti blog ini udah kena gusur Pak Polisi karena dibiarkan parkir sembarangan aja, hehehe

Menurut dokter yang memeriksa, kemarin saya habis kena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan), sebuah sakit yang menyerang saluran pernafasan, lha wong namanya aja ada saluran pernafasannya. Asal-muasal saya kena ISPA kayaknya gara-gara kebanyakan menghirup udara segar jalan raya Jogjakartah.

Nah gejala yang saya alami adalah:

1. Batuk-batuk. Batuknya tidak berdahak, cuma rasanya gatal aja di tenggorokan. Terus ada rasa panas di daerah tenggorokan.

2. Ingin berdehem terus, ya karena gatal itu hehehe.

3. Kadang meriang. Kemarin memang rasanya ada meriangnya, dan meriangnya itu kadang-kadangan. Kadang iya, kadang nggak.

Setelah saya sampaikan keluhan-keluhan itu sama bu dokter, diberitahulah saya kalo saya sakit ISPA. Ouch!

Menurut info dari kesehatan123.com, ISPA menjadi perhatian bagi anak-anak (termasuk balita) baik di negara berkembang maupun di negara maju karena ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Nah mungkin karena saya tinggal di negara berkembang, saya jadi kena ISPA kali ya? Apakah harus tinggal di luar angkasa? hehehe

Ini klafisikasi dan gejala ISPA dari kesehatan123.com bahwa ISPA terdiri dari infeksi akut saluran pernapasan bagian atas dan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah. Infeksi akut saluran pernapasan bagian atas seperti rhinitis, faringitis, dan otitis sedangkan infeksi akut saluran pernapasan bagian bawah seperti laryngitis , bronchitis, bronkhiolitis, pneumonia. Pembagian ini berdasarkan posisi anatomis yang dipisahkan oleh epiglottis.

Sebelum sakit yang kemarin itu, dulu saya pernah juga sakit batuk yang gak sembuh-sembuh. Dan setelah priksa ke dokter ternyata saya sakit bronkitis, ternyata bronkitis juga termasuk ISPA. Oalah ternyata daridulu saya udah kena ISPA, tapi gak sadar :(. Bu dokter yang memvonis bahwa saya sakit bronkitis ternyata juga sama kayak saya, punya bakat bronkitis. Jadi kalo kebanyakan begadang dan kecapekan, biasanya bisa sakit batuk dan itu lama.

Sebagai pencegahan, sekarang saya selalu pake masker kalo bepergian dengan motor. Lumayan lah untuk mengurangi penyebab ISPA..

6 thoughts on “ISPA

  1. emang polisi, eh polusi di Jogja kian tahun kian meningkat man
    sepertinya besok harus udah pake masker nih buat pencegahan :army:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s