Si Kancil di Balik Layar

Si Kancil

Pasti waktu kita kecil, kita sering sekali mendengar cerita tentang sepak terjang Si kancil di dunia hewan. Mulai dari Kancil nyolong timun sampai dia membohongi beberapa ekor buaya untuk menyeberang sungai. Namun tahu tidak, kalau sebenarnya cerita itu cuma cerita panggung. Jadi ada cerita di balik layar juga lho tentang Si Kancil. Mau tau? Mau tau? Alhamdu…lillah…

1. Si Kancil Nyolong TImun

Selama ini kita mendengar bahwa Si Kancil pernah nyolong timun pak tani. Iya kan? Waktu itu ceritanya Si Kancil sedang berjalan jauh, lalu beristirahat di dekat kebun timun, dan timbul niat untuk memakan timun-timun di kebun pak tani tersebut. Nah kalau di cerita kan Si Kancil tertangkap. Sebenarnya, dia itu tidak tertangkap, tapi dia itu minta tempat berteduh sama pak tani, maklum hari itu sedang panas dan dia lagi capek. Nah lalu dikasihlah sebuah kurungan sama pak tani, sekalian sama timun-timun sortiran yang gak laku dijual. Gitu kawan-kawan, Si Kancil itu tidak mencuri, tapi dikasih. Sekarang pak tani malah mengkomersilkan hal itu kepada hewan-hewan hutan yang butuh tempat berteduh.

2. Si Kancil Membohongi Kerbau Bahwa Langit Mau Runtuh

Cerita yang satu ini juga pastinya tidak asing di telinga kawan-kawan yang seangkatan sama saya. Ceritanya, Si Kancil kejebur sumur. Terus karena gak bisa keluar sendiri, akhirnya dia teriak-teriak minta tolong dan lewatlah Si Kerbau. Si Kancil bilang sama Si Kerbau bahwa langitnya akan runtuh, makanya dia berlindung di dalam sumur. Nah percayalah Si Kerbau dengan omongan Kancil, dia gak tahu kalau langitnya itu cuma mendung. Akhirnya Si Kerbau ikut masuk sumur, lalu Si Kancil memanfaatkan punggung Kerbau untuk naik keluar sumur.

Sebenarnya, waktu itu langitnya emang mau runtuh beneran. Si Kancil, saking gugupnya sampai kebelet pipis, nah dia keluar sumur itu untuk pipis di balik pohon. Dia gak mau pipis dalam sumur karena nanti kalau dia pipis dalam sumur, yang akan jadi tempat berlindungnya, sumurnya akan kotor. Gitu, kawan-kawan.

3. Si Kancil Menyeberang Sungai

Dalam cerita ini, Si Kancil dikisahkan membohongi beberapa ekor buaya untuk menyeberang sungai. Jadi ceritanya waktu itu Si Kancil sedang berjalan jauh lalu ketemu sungai. Berhubung di sungai itu gak ada jembatannya, dia berencana mau berenang. Padahal di sungai itu kan terdapat banyak sekali buaya yang kelaparan. Lalu Si Kancil punya ide, dia akan memanfaatkan punggung-punggung buaya itu untuk menyeberang.

Cerita di balik layar pada kisah ini adalah waktu itu sebenarnya Si Kancil menghipnotis buaya-buaya itu. Mana mungkin hewan sebuas buaya bisa dikadalin (emang jenis kadal sih, hehehe) oleh seekor Kancil ceking, kalau gak pakai ilmu-ilmu gitu. Iya kan? Si Kancil itu seperti salah satu ahli hipnotis kita, itu lho yang dulu rambutnya kayak Bezita, hehehe, Kancil bisa dengan mudah menghipnotis hewan-hewan buas di hutan. Namun anehnya, ilmu hipnotis Si Kancil cuma mempan sama hewan buas aja, kalau hewan yang unyu-unyu macam kelinci dan kucing malah gak mempan.

Nah itulah tiga cerita Si Kancil dibalik layar, boleh percaya boleh tidak. Nyang penting hepi, hehehe :p

2 thoughts on “Si Kancil di Balik Layar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s