Samurai Tanpa Pedang

Halo, kali ini saya akan kembali berbagi keseriusan, hehehe. Serius kok dibagi-bagi? Saya akan berbagi tentang pengalaman baca buku “The Swordless Samurai” yang ditulis oleh Kitami Masao. Buku ini mengisahkan tentang seorang Hideyoshi Toyotomi yang merupakan seorang pemimpin besar Jepang yang mana dia adalah anak seorang petani miskin. Buku ini menceritakan kegigihannya menjadi bawahan dan menjadi atasan. Kita akan diajari bagaimana cara melayani, baik melayani ketika menjadi bawahan dan ketika menjadi atasan. Selain itu buku ini mengajarkan prinsip-prinsip kepemimpinan Pokoknya gak akan rugi deh beli buku ini, minjam juga boleh, pokoknya baca! hehehe

Buku The Swordless Samurai

Jepang abad ke-16 merupakan zaman pembantaian dan kegelapan. Zaman dimana satu-satunya hukum yang ada adalah hukum pedang.

Dalam tatanan masyarakat hierarkis yang kaku dan melarang keras penyatuan kelas sosial, Hideyoshi lahir sebagai seorang anak petani miskin. Hideyoshi yang hanya setinggi 150 senti dan berbobot lima puluh kilogram serta tidak memiliki kemampuan beladiri, tampaknya mustahil untuk menjadi seorang samurai. Tetapi ialah yang menjadi pemenang tunggal dari perang berkepanjangan dan berhasil menyatukan begeri yang sudah tercabik-cabik selama lebih dari 100 tahun. Dialah Sang Samurai Tanpa Pedang.

sumber: tulisan belakang buku

Buku ini ditulis dengan gaya sudut pandang orang pertama, maka saat saya membaca buku ini seolah-olah diceritain langsung oleh Hideyoshi. Sesuai kalimat di belakang buku, “Buka buku ini, rasakan kehadirannya”

Terima kasih untuk Mbak Rizka yang telah memperkenalkan buku ini 🙂

2 thoughts on “Samurai Tanpa Pedang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s