Membaca Ibuk

Kemarin saya akhirnya membeli buku karangan Iwan Setyawan yang berjudul Ibuk. Sudah lama saya ingin membeli buku itu. Cuma satu alasannya, saya ingin “hidup.”

Membaca Ibuk membuat saya berseluncur ke dalam kenangan-kenangan masa kecil. Kenangan di rumah dinas Bapak yang kami tinggali sejak saya SD sampai SMA kelas dua. Ah kalo baca buku Ibuk bawaannya pasti ingin menangis. Kalo kau gak menangis pas baca Ibuk, hati-hatilah, mungkin kau sedang pingsan atau bahkan mati.

Novel Ibuk

Ibuk menceritakan bagaimana perjuangan Ibuknya Iwan untuk bisa menyekolahkan semua anak-anaknya dan membuat dapur selalu mengepul. Tak cuma itu yang mengharukan, Ibuk selalu ingin membuat anak-anaknya seperti anak-anak yang lain. Ibuk ingin anak-anaknya makan empal, telur dadar, punya baju baru, sepatu baru, sampai buku pelajaran baru. Menyediakan semua itu merupakan hal yang berat bagi Ibuk, karena Ibuk harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga dari keringat Bapak yang seorang sopir angkot.

Saya seketika ingat pas saya kecil dulu Ibuk (saya) selalu bilang bahwa Ibuk pengen saya dan adik saya merasakan hal yang sama dengan yang dirasakan teman-teman saya, ya memang sih keluarga kami termasuk keluarga yang berkecukupan, tapi tetep saja itu mengharukan buat saya (sekarang). Dulu sih gak kepikiran itu mengharukan atau tidak, hehehe.

Beberapa penyesalan yang saya rasakan sekarang di antaranya adalah jarang buanget menelepon Ibuk, bahkan sms pun jarang. Padahal kan Ibuk dan Bapak pasti juga kangen? Tapi saya di sini malah jarang menghubungi. Sekarang harus berubah, harus!.

Semoga Ibuk dan Bapak selalu sehat dan tetep enerjik.

Ah, jadi pengen cepat pulang untuk minta tanda tangan Ibuk di buku Ibuk…

Terlalu mengharukan untuk diteruskan..

Sekian..

 

2 thoughts on “Membaca Ibuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s