Oh My Goodness

Oh My Goodness

Judul: Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies

Penulis: Yoris Sebastian

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan: Pertama, 2010

Kreativitas bukanlah sesuatu yang given, melainkan sebuah keterampilan yang dapat dilatih dan dimunculkan. Namun ketika tumbuh dewasa, manusia cenderung menjadi tidak kreatif. Hal ini bisa terjadi karena rutinitas kerja, faktor lingkungan, dan mungkin memang tidak tahu bagaimana caranya mengasah kreativitas. Dalam buku ini, Yoris Sebastian—pakar kreativitas Indonesia—membocorkan tips dan trik menjadi kreatif di segala bidang dan dalam setiap situasi. Karena ditulis berdasarkan pengalaman langsung Yoris saat mengerjakan proyek kreatif atau ketika menjadi konsultan sejumlah brand, langkah-langkah yang dipaparkan telah teruji serta dapat dipraktikkan dengan mudah. Selain teori-teori, buku ini dilengkapi kuesioner yang mengukur kadar kreativitas seseorang, soundtrack di tiap bab, dan ilustrasi menarik. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan augmented reality yang dapat menghubungkan pembaca langsung ke link facebook buku OMG. Membuatnya menjadi buku pertama di Indonesia yang memakai teknologi quick response code. Sampul bukunya pun didesain unik dengan konsep bisa diwarnai sendiri oleh pembaca. Semua itu membuat buku ini memberikan pengalaman membaca yang kreatif dan OMG! bagi pembaca untuk menjadi creative junkies yang berhasil di segala bidang. sumber: Goodreads

Judul buku yang salah sengaja ditulis oleh Pak Yoris, Buku Pintar Seorang Creative Junkies. Dalam bukunya dia mengatakan bahwa kreatifitas bukanlah bakat, tetapi suatu hal yang dapat dilatih. Lewat buku ini, Pak Yoris mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang kreatif melalui 9 chapter. Yang unik dalam buku ini adalah tidak adanya nomor halaman dan di akhir chapter pasti ada “soundtrack” yang cocok menemani pembaca membaca suatu chapter. Serta terdapat semacam lembar latihan untuk memahami suatu chapter.

Sebenarnya saya kecewa dengan buku ini. Ekspektasi saya ketika membaca buku ini adalah saya menemukan sensasi membaca yang unik. Maksud saya adalah, saya berharap Pak Yoris lebih bisa menulis dengan gaya yang tidak formal, kan seorang creative junkie, hehehe. Karena saya merasa kok Pak Yoris kurang nyaman berceritanya. Bingung ya maksud saya? hahaha saya juga bingung menjelaskannya bagaimana :p

Saya tertarik membaca buku ini karena ratingnya di goodreads.com cukup tinggi, serta di forum serapium kaskus juga tinggi. Di luar itu semua, saya tetep dapat banyak pelajaran dari buku ini. Salah satunya adalah untuk menjadi kreatif, tidak cukup cuma cerdik. Namun kreatifitas harus diiringi dengan wawasan yang luas. Seperti yang pernah dikatakan oleh Bu Jenny, pemateri LC 10th VDMS, bahwa seorang yang kreatif pasti wawasannya luas. Benar memang, tanpa wawasan yang luas, kreatifitas cuma jalan di tempat.

Terakhir, memang saya akui, Pak Yoris ini emang ciamik banget dah. Adaa aja idenya, pantas banget dia International Young Creative Enterpreneur of The Year Award 2006 dari British Council. Salut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s