Solopedisi #1

Sebuah perjalanan akan terasa sangat asyik dan menyenangkan ketika dilakukan bersama-sama. Bersama kawan, bersama keluarga, tetapi tidak bersama lawan. Berjalan bersama kawan akan terasa seru, asyik, apa adanya, rame, dan berani dengan mengesampingkan sebentar beberapa norma-norma yang biasa berlaku. Sedangkan berjalan bersama keluarga akan terasa harmonis, santun, dan gratis, hehehe. Kalau berjalan bersama lawan, itu namanya senggol-senggolan :p

Ciyus? Miapah? Mirante!

Mirante!

Halo! Kali ini saya mau cerita tentang perjalanan saya bersama kesembilan kawan KKN saya, KKN Unit 88! Perjalanan kemarin adalah untuk pertama kalinya saya naik Kereta Prameks lho. Sebuah kereta-duduk-menyamping yang kami tumpangi dengan berdiri dan ada yang duduk bersila. Lebih tepatnya kami gak dapat tempat duduk, alias berdiri, alias ngemper dengan menebar senyum dan tertawa ke seluruh penjuru gerbong.

Perjalanan dimulai dengan perencanaan yang matang

Siang itu saya, Bewanti, dan Dwika yang sedang nongkrong di Kantin Klaster Sains merencanakan sebuah perjalanan hepi-hepi ke Kota Solo dengan naik Prameks.  Misi utamanya adalah makan tengkleng di Pasar Klewer. Titik, intinya itu. Nah jadilah kami mengajak beberapa kawan KKN Unit 88, dan didapat Fajar, Almira, Vicky, Erick, Rena, Putri, dan Mas Adi untuk ikut dalam perjalanan yang saya beri judul besar, Solopedisi. Ekspedisi Kota Solo.

Solopedisi dimulai dengan suara pengumuman di Stasiun Tugu yang berisi bahwa Prameks akan meluncur dari Jalur 3. Langsunglah kami bersama calon penumpang yang lain berhamburan keluar ke jalur rel kereta dengan posisi siap-siap melompat ke dalam kereta. Begitu kereta sampai di depan kami, kami bingung mau naik dari sebelah mana. Krik krik krik. Ya karena terlalu banyak penumpang, nyari yang longgar. Alhamdulillah akhirnya kami dapat spot yang tepat untuk menggerombol. Kami dapat spot di dekat pintu yang rusak, yang ternyata gak bisa dibuka. Padahal kami sudah siap lho dengan tulisan di kertas, tertulis “RUSAK,” yang niatnya akan kami gunakan untuk memberitahu calon penumpang dari luar agar tidak masuk lewat spot pintu tongkrongan kami, hehehe #licik.

Hampir tepat pukul 09.30, Prameks meluncur deras ke Purwosari. Kira-kira satu jam, kami sampai di Stasiun Purwosari dengan gagap gempita, gagap menanggapi tawaran kenek-kenek dan supir angkot di luar stasiun. Tawaran-tawaran itu pun cuma saya tanggapi dengan cengiran dan sedikit kalimat penolakan, “matur nuwun, Pak.”

Sudah saya rencanakan sebelumnya untuk naik Batik Trans Solo dari Purwosari ke Pasar Klewer. Nah sebenarnya kami beruntung sekali waktu itu, begitu keluar stasiun langsung terlihat halte Batik Trans. Namun saat kami memasukinya, kami cuma bisa cengong karena tidak ada petugasnya, yang ada hanya papan informasi yang bertuliskan, “Bis selanjutnya 60 menit lagi.” Ciyus? Nggak dong! Ternyata itu hoax, karena sudah satu menit tapi gak berubah jadi 59 hahaha

Beruntung lagi, di belakang halte ada penjual Hik alias angkringan. Keren kan daritadi beruntung terus? hehehe. Alhasil kami makan dululah, brunch. Satu nasi kucing dan satu gelas jeruk panas di cuaca yang panas pun mengisi perut saya yang sudah kehabisan bahan cernaan. Baru dapat dua sendok, eee Pak tukang ojek sudah teriak-teriak, “Trans Trans Trans!” Hokya hokya, panik panik panik. Padahal kan di halte ada tulisan “Bis selanjutnya 60 menit lagi.”Kawan-kawan pun berkata, “Yaudah makan dulu aja, dinikmati dulu, kita tunggu bis selanjutnya.” Kekhawatiran saya terjadi, bis selanjutnya gak datang-datang!

Nah di sini nih kematangan perencanaan saya diuji. Saya dituduh gak siap jalan-jalan. Hmmm okelah saya akui memang, saya cuma cari info di internet bagaimana cara sampai Solo (Ps. Klewer) naik Prameks. Pencarian saya berkisar di turun dimana? Naik apa? Berapa jauh? Benar kan rencana saya emang sudah matang. Tapi matangnya cuma berangkatnya doang. Sampai di tujuannya belum direncanakan, hehehe.

Bersambung ke Solopedisi #2

6 thoughts on “Solopedisi #1

      1. awal mane Nuh???Jadwal pramekna aja ga tau..haha…:-D

        minggu ini pada mau kemane?
        dengan prinsip yang sama..
        sabtu sore aku harus ada di klaten…:-D
        jangan meped2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s