Hemat Energi, Selamatkan Bumi

Halo!

Sekarang ini isu energi semakin populer di seluruh dunia. Setiap negara berlomba-lomba untuk menghemat dan menggunakan sumber energi lain selain minyak bumi. Energi menjadi sangat penting karena dibutuhkan di hampir segala aspek kehidupan. Mulai serangga sampai gedung bertingkat semuanya membutuhkan energi. Nah, kali ini aku mau ngasih langkah-langkahku untuk menghemat energi dan apa yang akan aku lakukan di masa depan.

Gunakan seperlunya

Dalam hal ini adalah menggunakan energi listrik di rumah. Perlu diketahui bahwa Indonesia saat ini masih kekurangan energi listrik. Negara kita tercinta ini masih berada dalam pepatah besar pasak daripada tiang. Hal terkecil yang dapat dilakukan adalah matikan lampu / air / televisi yang tidak digunakan. Kalau mau lebih baik hati lagi, sediakan baterai yang besar di rumah hehehe. Itu kalau mau level baik hatinya ekstrem sih :p

Bepergian secara terencana
Poin ini berlaku untuk berjalan kaki atau naik kendaraan pribadi. Maksudnya begini, kalau kita bepergian ke beberapa tempat dalam satu hari, sebaiknya membuat rencana yang efisien agar hemat (Bahan Bakar Minyak) BBM dan kita tidak terlalu capek. Tentunya disesuaikan juga dengan waktu acaranya. Sebagai contoh, aku hari ini mau pergi ke kampus, lalu ke pasar, toko swalayan, dan ke bengkel motor. Karena rumahku di daerah timur Jogja, aku memilih rute tercepat dan efisien sebagai berikut. Dari rumah, aku langsung ke bengkel yang ada di jalan solo, tentunya berangkat sangat pagi. Kemudian meneruskan ke pasar (Bringharjo) yang ada di dekat keraton, lalu ke kampus, di kampus aku akan sampai sore. Nah sorenya, sekalian pulang aku mampir ke swalayan. Begitulah kiat hemat BBM. Ini bukan berlaku perhitungan lho, tapi berusaha untuk hemat BBM. Ingat, ini juga tidak saklek mengingat kadang ada agenda tak terduga hehehe.
Untuk saat ini baru dua langkah di atas yang aku lakukan. Sebenarnya masih ada satu langkah lagi yaitu membangun pembangkit mikro. Namun langkah ini masih dalam penggodokan dan pembelajaran hehehe.
Salam.
Rahmanu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s