Ciremai 3078 mdpl: Sedikit Lagi Sampai Pos 4

Katanya, kita dilarang naik gunung. Karena bikin ketagihan!

Ternyata naik gunung menyenangkan. Padahal dulu (setelah naik Gn. Prau) aku sudah memutuskan untuk tidak naik gunung lagi, hehehe. Capek! Sama kayak nulis sih sebenarnya, capek tapi nyenengin. Tulisan ini akan dibagi dua, satu untuk aku, satu untuk kamu. Bukan!. Satu tulisan naik, satu tulisan agak turun. Kenapa “agak”? Lets wait and read!

Baiklah. Hari Jumat sampai Minggu (11-13 Desember 2015), aku bersama saudara-saudaraku naik Gn. Ciremai. Gn. Ciremai terletak di Provinsi Jawa Barat. Ada 3 jalur untuk sampai ke puncak, yaitu Apuy, Palutungan, dan Linggarjati. Kami memilih jalur Apuy yang ada di Majalengka.

Tim terdiri dari Bagus (komandan regu), Indah, Aku, Ridho, Elisa, Fitri, dan Farhan. Rombongan terbagi menjadi 2, rombongan Semarang dan Bandung. Aku, Fitri, Elisa, dan Farhan berangkat dari Semarang ke Majalengka via Cirebon, sedangkan Bagus, Indah, dan Ridho ketemuan di Bandung lalu berangkat ke Majalengka. Sampai di Majalengka, Jumat malam, kami transit dulu di penginapan dekat sana. Maklum lah, bukan bekpeker profesional, nginep pun masih di penginapan, hihihi.

Sabtu pagi, 05.00, kami berangkat ke Terminal Maja untuk menemui bapak pick up, yang belum kami kenal, yang akan mengantar kami ke Pos 1 pendakian dengan harga yang sangat murah. Hasil negosiasi Bagus dan pak pick up, jadilah kami hanya membayar 140k sampai ke pos 1. Oya, transportasi kami dari penginapan ke terminal juga naik pick up dong, kali itu hasil menyetop sebuah mobil pick up kosong. Bagus emang luar biasa kalo soal setop-menyetop, hehehe.

Naik mobil pick up hasil menyetop

Perjalanan ke Pos 1 pendakian sungguh terjal. Mobil kami harus melewati jalan naik turun berliku-liku seperti hati ini, tsaah. Jadi jalannya itu pas dilewati satu mobil, kanan-kiri kulihat saja hanya sawah dan sawah, bahkan kalo ketemu motor di jalan, sudah susah untuk lewat. Untung aku duduk agak tiduran, jadi nggak terlalu tau medan jalannya hahaha. Taunya cuma duduk montang-manting. Kalo tau pun sebenarnya nggak apa-apa :p.

Sampai di Pos 1 pendakian, kami mengemas ulang (repacking) ransel-ransel besar kami. Memposisikan barang-cepat-ambil kayak jas hujan dan minum dan senter di posisi atas tas, sekalian membagi beban. Terutama beban ciwi-ciwi, mereka terlampau berat menanggung beratnya hidup ini, preketek!. Bahkan, berat ransel Fitri sang pembawa logistik lebih besar daripada ranselku. Beberapa bahan makanan dan bumbu dibagi ke ransel mz-mz yang lain. Dan dua genggam kobis tak lupa dimasukkan ke dalam gulungan matras.

Fitri Sang Pembawa Logistik

Setelah membeli makan siang dan mengisi air untuk bekal, dan brifing kecil dan berdoa, dan bergaya sok kece (foto ceria) dan dandan, melangkahlah kaki kami satu per satu ke pos yang ada peta Ciremai, hehehe. Melangkah kan emang satu-satu, kalo bareng namanya melompat. Baru beberapa langkah saja kami sudah salah arah, seharusnya kami belok kiri tapi malah lurus naik ke atas. Tidak apa-apa, salah dikit, sebenarnya kalo diteruskan pun nanti ketemu di jalur yang benar.

Wajah-wajah ceria sebelum pendakian

Sepanjang perjalanan dari pos 1 ke pos 2 medannya jalan beraspal landai, cincai lah medannya. Tapi kok Elisa, satu-satunya yang paling mengenal Medan, juga terseok-seok ya? :)))))

Oya, melalui jalur Apuy, kami akan melewati 6 pos. Yaitu pos 1, pos 2, pos 3, pos 4, pos 5, pos 6, wkwkwkwkwkwkkwkwkwkw ya iya lah. Kami akan melewati Pos 2 (Simpang Lima – 1915 mdpl), Pos 3 (Tegal Wasawa – 2400 mdpl), Pos 4 (Tegal Jamuju – 2600 mdpl), Pos 5 (Sanghiang Rangkah – 2800 mdpl), Pos 6 (Goa Walet – 2950 mdpl). Dari data, terlihat bahwa jarak pos 2 ke pos 3 hampir 500 mdpl, pantas saja jauh sekali kapten. Pas turun dari pos 3 ke pos 2 aja rasanya nggak sampai-sampai, apalagi pas naik, terseok-seok! 😮

Beberapa menit berjalan dari pos 1, banyak menit sih, kami sampai di pos 2. Di sana kami beristirahat sejenak dan lagi-lagi mengemas ulang barang bawaan. Terutama tas Elisa, tasnya nggak imbang kanan-kiri, makanya nggak nyaman digendong. Karena bebannya juga terlalu banyak, kami juga membagi beban yang digendong Elisa.

Cukup beristirahat di pos 2, perjalanan dilanjutkan menuju pos 3. Namun di tengah jalan kami terpaksa berhenti untuk membangun tempat berteduh dari flysheet. Waktu itu hujan sangat deras, padahal baru sejenak berjalan dari pos 2 lho. Di tempat pemberhentian sementara itu pula kami membuka bekal makan siang. Nasi + telur dadar + tempe mendoan + sosis kimboh yang besar dan panjang sudah cukup enak dan mengenyangkan. Sayang sekali ada tragedi kecil soal per-lauk-an. Telor dadar milik Elisa jatuh terjungkal dari tempatnya, sodara-sodara! :))))

Melanjutkan perjalanan ke pos 5, target hari itu, sungguh berat. Kami sampai di pos 3 saja sudah agak sore, ditambah hujan yang tak kunjung berhenti. Akhirnya setelah beberapa kali beristirahat sejenak, makan gula merah dan minum secukupnya, kami mendirikan tenda di bawah pos 4, kira-kira 200m dari pos 4. Tepat sebelum maghrib, pukul 17.00, tenda sudah berdiri agak kokoh. Ya, tenda buat cecowokan agak miring, sampai-sampai nggak nyaman buat duduk, Melorot! Untung saja pas tidur nggak banyak melorot, hehehe.

Menu makan malam kami adalah Indomi rebus plus telur dan kecap. Wenak dan anget dinikmati di tengah hutan gelap dan diguyur hujan. Duduk di dalam tenda miring + hampir melorot saja sudah enak, apalagi di tenda yang datar? Coba kami tau posisi kita, kan tendanya bisa dibangun di pos 4. Padahal sedikit lagi sampai pos 4, kapten! hihihi