Tic Tac Toe

Hej! Tjena!

Di period 1 kemarin saya lebih banyak belajar mengenai project management, mulai project software sampai project umum seperti membangun start up. Ternyata manajemen proyek software dan proyek umum berbeda. Kalau biasanya kita pakai metode yang waterfall, metode yang pengerjaannya urut (i.e perencanaan, eksekusi, evaluasi), untuk proyek umum. Dalam manajemen proyek software, kita dianjurkan menggunakan metode agile, yaitu metode yang pengerjaannya proyeknya lebih fleksibel. Evaluasi tidak dilakukan di akhir proyek, tetapi dilakukan di setiap setelah eksekusi rencana yang di buat. Bisa jadi tiap minggu, tiap dua minggu, atau tiap bulan tergantung kesepakatan.

Nah, dalam mata kuliah “Software Engineering & Project Management”, saya belajar banyak mengenai metode agile khususnya menggunakan scrum. Di mata kuliah ini, saya juga dimasukkan ke kelompok kecil yang terdiri dari 7 orang untuk membuat game Tic Tac Toe  menggunakan python. Ya memang terdengar overkill sih membuat Tic Tac Toe butuh 7 orang wkwkwk. Ternyata bukan cuman bikin software-nya yang diurusin, tapi juga semua dokumentasi komponen software yang dibuat mulai dari tiap class sampai fungsi-fungsi yang dibuat. Pantas saja dosennya ngasih 7 orang untuk bikin Tic Tac Toe. 

Tic Tac Toe

Tampilan Tic Tac Toe yang dibikin seperti gambar di atas. Ini cuman pake CLI (Command Line Interface) aja sih, makanya tampilannya nggak fancy gitu. Tapi dengan men-develop game ini, saya jadi belajar banyak bagaimana mengintegerasikan beberapa komponen software untuk dijadikan produk software yang lengkap seperti yang direncanakan. Terus juga belajar banyak bagaimana manajemen proyek di bidang software development. 

Oiya, game Tic Tac Toe yang dibikin bisa dimainin sama temen-teman rame-rame soalnya ada mode turnament juga. Tapi kalo lebih suka main sendiri, bolehlah coba lawan AI. AI-nya pun punya 3 level, ada Easy, Medium, dan Ultra. Mode Easy dan Medium biasa aja, pasti gampang ngalahin AI-nya. Biar lebih greget, langsung coba yang Ultra ajadijamin maknyus hehehe. Nah buat temen-temen yang lebih suka main berdua-duaan aja, mending pilih yang player vs player. Temen-temen bisa main sama temennya, adik, kakak, pacar, istri, atau suami juga boleh.

Okelah gitu aja ya. Kalau temen-temen mau main game ini, silakan langsung ke sini. Boleh di-clone juga 🙂

Cheers,
Rahmanu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s